Dekan : Ali Ahmudi, S.Si., M.Si.

Fakultas Sains dan Teknolgi merupakan fakultas dengan disiplin ilmu dasar (matematika dan IPA) dan teknik (rekayasa) yang mempelajari berbagai bidang aplikasi ilmu dasar, ilmu terapan dan pemanfaatan teknologi. Fakultas ini merupakan salah satu bagian integral dari Universitas Binawan yang menjadi induk pengembangan ilmu pengetahuan berbasis Sains dan Teknologi. Adapun Program Studi yang bernaung dibawah Fakultas Sains dan Teknologi antara lain :

  1. D4 Teknologi Laboratorium Medis (TLM)
  2. S1 Aktuaria
  3. S1 Bioteknologi
  4. S1 Farmasi
  5. S1 Teknik Fisika

Fakultas Sains dan Teknologi memiliki posisi dan fungsi yang sangat strategis terkait dengan terus bergulirnya program pembangunan nasional, serta isu-isu global yang harus direspon secara cepat antara lain SDGs (Sustainable Development Goals) dan Era Industry 4.0 yang memunculkan peluang sekaligus tantangan kedepan.

Visi :

"Menjadi Fakultas yang mampu mengelola, menyinergikan dan mengembangkan disiplin sains dan teknologi yang kreatif dan inovatif serta memiliki daya saing International pada tahun 2043"

Misi :

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang bermutu untuk menghasilkan Sarjana Sains dan Sarjana Teknik yang unggul dan profesional di bidang terkait sains dan teknologi yang memiliki daya saing Internasional.
  2. Mengoptimalkan sarana dan prasarana pendukung guna meningkatkan kualitas layanan akademik serta mutu lulusan secara sistematis dan berkelanjutan.
  3. Melaksanakan penelitian yang aplikatif dengan pendekatan terpadu khususnya di bidang sains dan teknologi.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai suatu proses pemantapan dan pemanfaatan ilmu untuk masyarakat.
  5. Menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan, industri, instansi pemerintah terkait, lembaga sertifikasi di dalam dan luar negeri.

Pengembangan Riset di Fakultas Sains dan Teknologi

Penelitian strategis yang sesuai dengan arah dan kebijakan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Binawan adalah penelitian yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan dalam masyarakat dan bangsa, dengan cakupan bidang unggulan riset mengenai :

  1. Ketahanan Energi dan Keamanan Pangan
  2. Rekayasa Teknik dalam Pelayanan Kesehatan
  3. Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan
  4. Pengembangan Obat Tradisional Nusantara
  5. Kesehatan Masyarakat, Penyakit Tropis dan Psikologis
  6. Pengelolaan Bencana dan Tanggap Darurat
  7. Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Peningkatan Daya Saing Bangsa