Deskripsi Program Studi

Program Studi Gizi Universitas Binawan merupakan pendidikan Gizi pada jenjang S1 dengan akreditasi B berdasarkan keputusan BAN-PT pada sertifikat akreditasi No. 051/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013 yang dapat dilihat disini.

Program Studi S1 Gizi Universitas Binawan menyelenggarakan pendidikan tingkat Sarjana yang mampu berkarya dengan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran yakni Discussion, Demonstration, Self-Directed Learning, Project Based Learning, dan Laboratorium Based Learning sehingga menghasilkan lulusan Sarjana Gizi profesional yang berstandar nasional dan berdaya saing internasonal.


Jenis Program

Program Studi S1 Gizi Universitas Binawan menyelenggarakan program pendidikan jenjang S1 Reguler dengan kualifikasi calon mahasiswa berasal dari lulusan SMA/SMK/MA, masa studi ditempuh dalam 8 semester (beban 146 SKS). Program Alih Jenjang dengan kulaifikasi calon mahasiswa dari lulusan D3 Gizi, masa studi ditempuh dalam 4 semester (beban 66 SKS). Lulusan akan mendapatkan gelar akademik Sarjana Gizi “Level 6” KKNI (S.Gz). Kompetensi yang akan dicapai oleh Program Studi Gizi Universitas Binawan meliputi Gizi Masyarakat, Dietetik dan Entrepreneurship.


Profil Lulusan

Program Studi S1 Gizi Universitas Binawan mampu menghasilkan lulusan berstandar nasional dan berdaya saing internasional dengan didukung dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Adapun profil lulusan S1 Gizi Universitas Binawan, antara lain :

  1. Pelaksanaan Pemberian Asuhan Gizi Masyarakat (Edukator, Konselor dan Penyuluh), Dietetik dan Olahraga/Kebugaran yang dapat bekerja di berbagai Instansi Pemerintah (Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas) dan Olahraga (Fitness Centre).
  2. Penerap Penelitian di Bidang Gizi, Kesehatan dan Pangan seperti lembaga penelitian, surveyor pada kegiatan Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan RI, Riset Kesehatan Nasional, dan lainnya.
  3. Entrepreneurship seperti penyelenggaraan makanan institusi, catering, dan sejenisnya.

Visi

Pada tahun 2025 menjadi Program Studi Gizi yang profesional dan unggul berstandar nasional dan berdaya saing internasional.


Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan Strata 1 Gizi serta mengembangkan dan meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam bidang gizi.
  2. Mengimplementasikan gizi dalam bidang gizi masyarakat dan dietetik enerpreneurship serta pemberdayaan masyarakat.
  3. Menjalankan kegiatan pendidikan gizi sesuai dengan prinsip penjaminan mutu untuk memenuhi standar nasional dan berdaya saing internasional.
  4. Mengembangkan penelitian serta pengabdian masyarakat bidang Gizi dan Kesehatan yang sesuai dengan keilmuan, inovasi, berhasil guna dan berdaya guna.
  5. Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian bidang Gizi dan Kesehatan terutama bidan gizi masyarakat dan dietetik.
  6. Menjalin kemitraan dalam bidang gizi dengan stakeholders dalam dan luar negeri.

Pendaftaran

Dapat dilihat di situs Penerimaan Universitas Binawan di tautan pmb.binawan.ac.id