Deskripsi Program Studi

Program Studi Psikologi Universitas Binawan merupakan Program Studi S1 Psikologi di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan Ilmu Psikologi dengan kekhususan dalam bidang kajian Psikologi Industri dan Organisasi. Kompetensi yang dikembangkan adalah kemampuan pada bidang Industri dan Organisasi untuk meningkatkan kualitas Human Capital yang mengedepankan inovasi, kreativitas dalam menghadapi perubahan global.


Jenis Program

Program Studi S1 Psikologi Universitas Binawan menyelenggarakan program pendidikan jenjang S1 dengan kualifikasi calon mahasiswa berasal dari lulusan SMA dan yang sederajat. Masa studi ditempuh dalam 8 semester (beban 144 SKS) dan akan mendapatkan gelar akademik Sarjana Psikologi (S.Psi.). Kompetensi yang akan dicapai oleh Program Studi Psikologi Universitas Binawan meliputikemampuan untuk mengembangkan dan mengelola Human Capital dalam Industri dan Organisasi.


Profil Lulusan

Program Studi S1 Psikologi Universitas Binawan mampu menghasilkan lulusan yang profesional, kompeten, berdaya saing nasional dan internasional serta didukung dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) dan minimal 3 (tiga) Sertifikat Kompetensi. Profil lulusan S1 Psikologi Universitas Binawan, antara lain :

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia yang memiliki etika profesional dalam mengelola karyawan, memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja karyawan dan perusahaan serta mampu mewakili perseroan.
  2. Asisten Psikolog dalam bidang human resource planning yang memiliki etika profesional, menguasai dan mampu menjalankan prinsip-prinsip dasar pengelolaan human capital, mampu melakukan pengumpulan dan pengolahan data, mampu merancang pengukuran perilaku kerja, dan mampu mengelola konflik dan stres kerja.
  3. Asisten Peneliti dalam bidang Psikologi Industri dan Organisasi yang memiliki etika profesional, menguasai dan mampu melakukan prinsip dasar metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, merancang alat ukur pengumpulan data, dan menyusun laporan penelitian dalam bidang Psikologi Industri dan Organisasi.
  4. Occupational Counsellor yang memiliki etika profesional, menguasai dan mampu menggunakan teknik konseling dan coaching dalam dunia kerja, mampu menjalin relasi dengan orang lain, serta menunjukkan perilaku tidak berpihak pada salah satu kelompok.
  5. Wirausahayang memiliki etika profesional, mampu membangun usaha mandiri, mampu memimpin pelaksanaan proses kerja, mampu membina jejaring kerja dengan mitra kerja, dan mampu membuka peluang pasar.

Dosen Pendidik

  1. Prof. Dr. Suryana Sumantri., MSIE, Psikolog
  2. Dr. Rahmat Ismail, Psikolog
  3. Drs. Apin Aviyan, M.Psi, Psikolog
  4. Drs. Arbono Lasmahadi, M.Psi, Psikolog
  5. Dra. Mira Gardiana, M.Psi, Psikolog
  6. Dra. Nurwati Hoesain, Psikolog
  7. Dra. Aditia Samesti, M.Psi, Psikolog
  8. Fanny Herdiana.,S.Psi.,M.Si, Psikolog
  9. Dra. Lelywati Idham, M.Psi, Psikolog
  10. Ani Khairani, S. Psi.,M. Psi, Psikolog
  11. Dr. Amir Asyikin Hasibuan, M.Psi
  12. Dr. Yon Nofiar, M.Psi., CBC., CSPHR

Pendaftaran

Dapat dilihat di situs Penerimaan Universitas Binawan di tautan pmb.binawan.ac.id