Berita Binawan

laporan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Kampung Hijau LPPM Universitas Binawan

By: Administrator, Rabu, 12 Juni 2019 - 09:57 WIB

Isu perubahan iklim saat ini merupakan isu yang perlu mendapat perhatian serius. Salah satu strategi yang dapat  dijalankan untuk mengurangi dampak tersebut adalah dengan memperhatikan prinsip- prinsip pelestarian lingkungan di dalam setiap kegiatan baik kegiatan yang ada kaitannya dengan bangunan maupun kegiatan yang harus dimulai dari budaya hidup kita sehari-hari dan bagaimana kita kita menciptakan dan memelihara rumah dan lingkungan sehat. Kita semua secara sadar atau tidak sadar adalah penyumbang cukup besar terhadap kerusakan bumi, maka kita harus bertanggung jawab terhadap kerusakan lingkungan alam dan berusaha untuk mengendalikannya.

DKI Jakarta khususnya wilayah kelurahan Cawang Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur ingin memulai mengurangi pemanasan global dengan  mengadakan  gerakan  ProGo  Green.  Kebijakan  ini  merupakan  gerakan  untuk mengelola kegiatan Program Kampung Hijau secara efisien dan efektif dalam penggunaan sumber daya dengan  prinsip  pembangunan berkelanjutan.

Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Program Studi Biotekhnologi  bersama dengan Program Studi Keperawatan Universitas Binawan berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi kepada masyarakat Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati tentang Kampung Hijau.

Beberapa materi yang disampaikan tentang tekhnik menanam tanpa tanah (Hidroponik), cara membuat kompos alami serta biopori untuk mengurangi sampah dan mencegah banjir. Masyarakat terlihat sangat antusias dan proaktif mengikuti kegiatan edukasi kampung hijau ini. Kedepannya diharapkan dengan program ini masyarakat lebih bersemangat menggagas kampung hijau, sehingga bisa mencegah banjir dan juga bisa meningkatkan kesehatan bagi masyarakat tersebut.