Berita Binawan

Penyuluhan Kesehatan Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Konseling Hidup Sehat dan Bahagia Tanpa Diabetes

By: Administrator, Kamis, 18 Juli 2019 - 11:17 WIB

PENGABDIAN MASYARAKAT

Penyuluhan Kesehatan, Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Konseling

“Hidup Sehat dan Bahagia Tanpa Diabetes”

Jakarta, Selasa 16 Juli 2019

 

Dalam Rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Binawan bekerja sama dengan Prodi Keperawatan, Prodi Kebidanan, Prodi Gizi, Prodi TLM, Prodi Kesejahteraan Sosial, Prodi Psikologi dan Prodi Farmasi menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat berupa Penyuluhan kesehatan dengan mengangkat tema “Hidup Sehat dan Bahagia Tanpa Diabetes”, selain penyuluhan ada juga kegiatan kegiatan pemeriksaan gratis berupa pemeriksaan kadar gula darah untuk mendeteksi penyakit Diabetes Milletus, Pemeriksaan Tekanan Darah, Pemeriksaan Indek Massa Tubuh (IMT) dan Konseling. Acara ini merupakan rangkaian Dies Natalis Universitas Binawan yang jatuh pada tanggal 5 Juli 2019. Acara ini disponsori oleh PT. Abott Indonesia yang menciptakan berbagai produk terobosan dalam bidang diagnostik, peralatan kedokteran, nutrisi, dan obat farmasi generik bermerek.

 

Pengabdian masyarakat ini dilakukan mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB bertempat di Nurce Cafe Universitas Binawan. Acara ini terbuka untuk masyarakat umum  khususnya bagi warga Binaan yang ada disekitar kampus Universitas Binawan, seluruh dosen, staf, dan mahasiswa Universitas Binawan. Jumlah peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 235 orang.

 

Beberapa serangkaian acara yang kami lakukan antara lain Penyuluhan tentang “Hidup Sehat dan Bahagia Tanpa Diabetes” dengan Pembicara Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Bapak dr. Agung Cahyono, M.Si dan Ibu Widanarti Setyaningsih, SKP, MN. Masyarakat warga Cawang sangat antusias mengikuti penyuluhan ini. Setelah acara penyuluhan dilanjut dengan pemeriksaan kesehatan gratis, yaitu Pemeriksaan IMT dan BIA, Pemeriksaan Tekanan Darah dan Pemeriksaan Gula Darah. Selain itu kami menyediakan Konseling kesehatan berupa Konseling Psikologi, Konseling Gizi, Konseling Sosial, dan Konseling Obat. Konsultasi kesehatan ini dilakukan guna memberikan pelayanan kepada peserta yang ingin mengetahui kondisi kesehatan serta tindakan yang diambil sesuai dengan saran konsultan.

Dengan adanya kegiatan ini harapannya Universitas Binawan juga bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat.